Monday, April 25, 2016

Generasi Muda Lobuhole

Generasi Muda Lobuhole:

Kebanyakan generasi muda Desa lobuhole tinggal di desa lobuhole itu sendiri karena tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Ada beberapa faktor yang mengakibatkan generasi ini terhalang oleh jenjang pendidikan yang lebih tinggi di antaranya:

1. Desa lobuhole hanya memiliki sekolah dasar negeri, dan apabila siswa/siswi tersebut sudah tamat dari sekolah dasar mereka harus melanjutkannya di kecamatan atau desa yang sudah mempunyai SMP dan SMA. Sementara karena jauhnya SMP atau SMA tersebut memaksa mereka harus tinggal disana dengan biaya Extra (Kos) yang lebih tinggi.
2. Kemauan belajar dari Generasi yang masih kurang.
3. Kemiskinan yang sangat tinggi.
4. Pendapatan dari hasil pertanian yang minim.
5. Minimnya bantuan pemerintah setempat kepada masyarakat Lobuhole, walaupun bantuan itu turun dari pemerintah pusat. (Jakarta).

Saat ini April 2016 terdapat 176 pemuda dan pemudi desa lobuhole yang bisa di katakan menganggur, mereka ikut orang tua bekerja di ladang walaupun tidak begitu menghasilkan.

Sebagian besar generasi dari desa lobuhole, sudah merantau dan bekerja di kota kota besar seperti Jakarta, Batam, Palembang, Bandung, Medan, dll. Bahkan sudah banyak di antara mereka yang bisa membantu orang tuanya di kampung halaman.

Semangat bagi para perantau, semoga Tuhan senantiasa memberi berkatnya kepada kita semua.

No comments: