Monday, April 25, 2016

Pembangunan jalan ke Desa Lobuhole.

Jalan ke desa lobuhole sudah di bangun secara bertahap. Dana PNPM yang masuk ke pemerintah setempat sudah mulai digunakan walaupun belum maksimal. Contoh salah satunya adalah ketika adanya pengaspalan dari jembatan “simalopak” ke arah desa lobuhole sekitar 1000 Meter, kwalitas pengaspalan bisa di katakana asal jadi. Dan team pengawas pembangunan daerah yang seharusnya menginterupsi pembangunan tersebut tidak berbuat banyak. Sampai sekarang kondisi jalan tersebut masih sama dengan kondisi pertama kali di bangun nya jalan tersebut.
Jalan yang masih rusak antara lain:
1. Jalan Parsoburan – Ambatan Lumbanrau
2. Jalan Ambatan lumban Rau- Ambatan Lobuhole
3. Jalan dari Ambatan Lobuhole ke desa Lobuhole sekitar 1000 M sampai melewati Jembatan Simalopak.

Kondisi jalan ini di sebabkan adanya perbedaan pembuatan jalan, sebagian jalan di aspal, dan sebagian di rabat beton. Rabat beton adalah bahan yang lebih lama bertahan dari pada pengaspalan, karena daerah tersebut adalah daerah tropical dimana hujan sering turun, dan system drainase yang tidak tersedia, maka jalan yang di aspal akan cepat rusak karena pengikisan tanah oleh air.
System drainase memang tidak di sediakan pemerintah karena akan membuat biaya semakin membengkak. Namun ada satuhal yang perlu di perhatikan, di Negara Negara maju, seperti Australia, Russia, jalan yang tidak memakai drainase akan lebih tinggi dari daratan di bawah bahu jalan, sehingga di masa musim
penghujan tidak ada masalah dengan land slide, atau longsor karena terbawa arus air.

Jalan yang di bangun adalah seperti gambar di samping ini, tetapi ada juga sebagian jalan yang di bangun dengan aspal yang sekarang sudah mulai habis.

Perawatan dan biayanya menjadi masalah yang di hadapi oleh para pengguna jalan saat ini, sebelumnya mereka sudah pernah meminta bantuan kepada pemerintah setempat namun belum ada tanggapannya, pemerintah kecamatan habinsaran, kelihatannya menutup mata akan pembangunan desanya. Tanggung jawab dan profesionalisme sebagai aparatur negara perlu mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai mana mestinya.

1 comment:

Anonymous said...

Mantap bah